Cara Mudah Membersihkan Coil AC


Coil atau kumparan dalam unit ac sering menjadi penyebab utama kita menelpon tukang service dan sewa ac. Kebersihan unit ini harus diperhatikan lebih seksama. Kali ini kita akan membahas cara membersihkan coil ac yang dapat kita lakukan sendiri tanpa perlu memanggil jasa ac.

Langkah pertama: Persiapkan pembersih coil. Pembersih coil ini biasa bisa kita beli di toko perkakas dan alat - alat bagunan atau juga di supermarket terdekat.

Langkah kedua: Tarik selang sekitar ke tempat unit ac eksternal Anda.

Langkah ketiga: Matikan daya pada AC Anda. Jangan nyalakan listrik selama pembersihan coil, kegiatan ini bisa dilakukan di dalam dan diluar ruangan.

Langkah keempat: Semprot kumparan dengan pembersih coil. Biarkan selama 3-5 menit sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada botol.

Langkah kelima: Semprot air ke arah kumparan pada sudut yang tepat sehingga membersihkan menyeluruh bilasan kumparan. Kita akan melihat kotoran dan bulu halus akan mengalir keluar bersama dengan air. Saya sarankan sprayer nozzle agar dapat membersihkan air secara menyeluruh. Jangan menggosok atau menyentuh kumparan karena mereka halus dan mudah bengkok jika disentuh. Apakah menggunakan aliran keras dari mesin cuci air atau tekanan untuk alasan yang sama.

Langkah keenam: Hidupkan AC kembali dan menikmati efisiensi udara baru Anda.

Bersihkan unit Anda setahun sekali akan membantu menjaga biaya maintenance anda. Sampah yang menumpuk di kumparan dapat membuat AC Anda tersumbat dan udara yang keluar tidak maksimal.