Tips Dasar Pemeliharaan AC


Ketika AC kita bekerja lembur siang malam untuk menjaga kamar kita dingin, hal ini kadang membawa malapetaka pada unit AC kita. Cegahlah sebelum keadaan semakin memburuk, jangan tunggu tukang service atau sewa ac yang turun tangan. Berikut sedikit tips untuk memaintain unit AC kita.
  • Cek dan ganti air filter secara berkala: Kadang hal yang satu ini sering dilupakan para pemilik unit AC, padahal air filter bisa menyebabkan kerusakan fatal jika tidak diperhatikan secara seksama. Biasa air filter harus diperiksa tiap 3 bulan sekali. Pada musim panas sebaiknya air filter diperiksa lebih sering karena debu dan kotoran lebih mudah masuk. Ganti air filter jika memang sudah waktunya, jangan menunda - nunda, sebuah filter udara bersih, terhalang oleh kotoran dan sampah lainnya, akan menghemat uang untuk biaya energi dan memperpanjang umur AC anda.
  • Jaga unit luar AC tetap bersih: Untuk keamanan, atur termostat dan breaker unit luar sebelum melakukan pekerjaan apapun. Setelah semuanya off, periksa unit apa ada yang menghalangi unit seperti debu dan sebagainya.Bersihkan semua pertumbuhan tanaman, potongan rumput, atau sampah yang ada pada di dinding coil. Koil dapat dibersihkan menggunakan sikat yang halus-bulu dengan lembut menyapu sirip. Sikat satu arah dengan sirip dan secara lembut karena sirip AC bisa menekuk dengan mudah. Bersihkan semua debu pada sirip kipas ac agar tidak terbawa udara yang dikeluarkan ac. 
  Mudah bukan, hanya 2 cara untuk pemeliharaan AC sebelum memutuskan menghubungi jasa ac.