Efek Samping Menghirup Udara Freon AC

sewa ac
Sedikit ilmu untuk para pemakai dan pengguna jasa sewa ac. Freon adalah nama dagang dari bahan kimia yang disebut klorofluorokarbon atau CFC, digunakan terutama dalam pendinginan dan AC. Freon dan refrigeran lain yang beracun dan dapat menyebabkan keracunan dan bahkan kematian. Nah, seperti yang kita tahu AC baik itu di rumah, perkantoran, sampai ke AC yang dipakai di sewa ac semua dilengkapi Freon. pertanyaan nya apa sih efek samping jika kita menghirup udara freon?

Akibat pertama adalah keracunan klorofluorokarbon, menurut UMMC. Gejala-gejalanya adalah pembengkakan tenggorokan, sulit bernapas, sakit tenggorokan parah, kehilangan penglihatan, membakar mata, hidung, bibir dan lidah, luka bakar pada kerongkongan, muntah darah, darah dalam tinja, nyeri perut yang parah, irama jantung abnormal dan peredaran darah.
Akibat kedua adalah masalah jantung. Penggunaan freon AC berlebihan dapat memunculkan efek samping yang serius pada jantung. Freon pendingin berpotensi racun untuk jantung dan dapat mengakibatkan serangan jantung, tekanan darah tinggi dan irama jantung normal amblasnya menuju peredaran darah.

Akibat terakhirnya dan yang paling fatal adalah kematian. The National Institute for Occupational Safety and Health atau NIOSH sempat melaporkan kematian yang disebabkan oleh irama jantung abnormal dan mati lemas pendingin di ruang tertutup, tampaknya mereka terkena sindrom sniffing death. Sindrom ini terjadi ketika korban mengalami inhalansia secara tiba - tiba, menyebabkan pelepasan adrenalin yang menghentikan jantung.

Benar - benar mengejutkan yah? Tidak bisa dipungkiri lagi mau AC dalam rumah ataupun AC yang sering di sewa dari tempat sewa ac, ternyata semua berbahaya terhadap kesehatan kita. Pantas saja orang yang hidup diperkotaan sering terkena penyakit berat. Mungkin karena terlalu bergantung pada AC yah?

Diharapkan dengan adanya artikel ini, para pengguna AC bisa mengurangi sedikit pemakaian AC per hari agar terhindar dari efek samping yang di timbulkan oleh freon.